Workshop Penjajakan Dan Penguatan Kerja Sama Sekolah Dengan Dudi

author
admin

Hubin update 2 years ago

Workshop Penjajakan Dan Penguatan Kerja Sama Sekolah Dengan Dudi

Pendidikan vokasi yang baik adalah pendidikan vokasi yang juga menghasilkan lulusan yang sesuai dengan kebutuhan DUDI. Untuk bisa melakukan hal tersebut, proses belajar-mengajar haruslah sesuai dan selaras dengan DUDI. Kehadiran DUDI bukan hanya sebagai tempat bagi peserta didik pendidikan vokasi untuk melakukan praktik magang. Namun, pelibatan DUDI harus merefleksikan implementasi dari keahlian ganda DUDI dengan sekolah agar tujuan pendidikan bisa tercapai.

 

Proses pelibatan DUDI bisa dalam pengembangan kurikulum sehingga kurikulum menjadi lebih relevan dengan kebutuhan. DUDI juga bisa memberikan pelatihan bagi guru dan tenaga pendidik agar terus memutakhirkan pengetahuan dengan mengikuti perkembangan mesin atau teknik yang sesuai dengan program kejuruan. Ada kalanya DUDI mengirimkan tenaga profesionalnya sebagai guru pendamping atau mentor agar peserta didik berinteraksi langsung dengan para profesional.

 

Sesuai dengan UU Sisdiknas Nomor 23 Tahun 2013, DUDI juga bisa dilibatkan dalam pembiayaan pendidikan. Di sekolah yang erat kerja samanya dengan DUDI, DUDI juga bisa dilibatkan dalam pembangunan laboratorium atau tempat praktik atau pemberian bantuan peralatan praktik di sekolah. Sekolah yang erat hubungannya dengan DUDI dan bisa menerapkan praktik keahlian ganda dipastikan bisa menghasilkan lulusan yang dibutuhkan oleh DUDI.

 

Walau sudah menjalin kerja sama dengan DUDI, tidak semua lulusan pendidikan vokasi bisa diterima pada perusahaan atau industri yang terkait dengan program keahliannya. Oleh karena itu, peserta didik diharapkan bisa memiliki kemampuan berwirausaha (entrepreneurship), sehingga bukan hanya menjadi tenaga kerja yang terampil, tetapi juga mampu menciptakan usaha baru atau menciptakan profesi baru.

 

Maka dari itu untuk memenuhi kebutuhan lulusan atau tamatan yang sesuai dengan kebutuhan DUDI, SMK Bakti Nusantara 666 melakukan penguatan kerjasama sekolah dengan DUDI dan penyelerasan kurikulum agar terjalin Link & Match (8 + i) keterlibatan dunia kerja di segala aspek penyelenggaraan pendidikan vokasi.

Share with
SMK Bakti Nusantara 666

Yayasan Pendidikan Dasar dan Menengah Bakti Nusantara 666

Informasi